RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP (PKR)
MODEL 221
Nama
Sekolah : SDN Guntung Besar
Kelas/
Semester : I dan II / I
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit (1x pertemuan)
Hari,
tanggal : Sabtu , 9 November 2013
Mata
Pelajaran/ Kelas:
IPS/
II
Keluarga
|
Langkah
|
Mata
Pelajaran/ Kelas:
PKN/
I
Tata tertib
|
2. Mengenal silsilah keluarga.
|
A.
Standar Kompetensi
|
|
2.1 Mengidentifikasi silsilah keluarga.
|
B.
Kompetensi Dasar
|
1.3 Melakukan terapan tata
tertib
|
1.
Menyebutkan
susunan anggota keluarga.
2.
Menyebutkan peran keluarga.
|
C.
Indikator
|
1.3.1 Menyebutkan tata tertib di sekolah.
1.3.2 Menyebutkan tata tertib di lingkungan sekitar
|
1.
Siswa
dapat menyebutkan silsilah keluarga dengan tepat.
2.
Siswa
dapat menyebutkan peran keluarga dengan baik.
|
D.
Tujuan Pembelajaran
|
1.Siswa dapat menjelaskan
pentingnya tata tertib.
2.Siswa dapat membedakan tata
tertib di sekolah dan dilingkungan sekitar.
|
1.
Siswa
dapat menyebutkan istilah di dalam lingkungan keluarga dengan tepat.
2.
Siswa
dapat menyebutkan kedudukan keluarga dengan
tepat.
|
|
1.Siswa dapat menyebutkan tata tertib di sekolah dengan tepat
2. Siswa dapat menyebutkan tata tertib di lingkungan
sekitar dengan tepat.
|
Anggota keluarga
|
E. Materi
Pelajaran
|
Tata tertib di sekolah dan di lingkungan sekitar.
|
Aktivitas Tugas Tertutup
|
F. Metode
Pembelajaran
|
. Aktivitas Tugas Tertutup
|
a.
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru mengucapkan
salam
2.
Guru mengajak berdoa
bersama.
3.
Guru mengabsen
kehadiran siswa.
4.
Guru mengkondisikan
siswa dan kelas.
5.
Guru memberikan
apersepsi
a.
Kegiatan
Inti (50 menit)
15’
1.
Guru menjelaskan
materi tentang keluarga sambil
bertanya jawab.
2.
Guru menyajikan
materi yang ingin disampaikan.
20’
3.
Siswa secara bersama-sama membaca materi yang ditulis di
papan tulis, guru mulai menghapus satu persatu istilah kata yang ada di papan
tulis dan murid terus mengulang kata-kata yang ada di papan tulis seperti
sebelum guru mulai menghapusnya.
15’
4.
Guru memberikan
evaluasi (tugas individu) kepada siswa.
b.
Kegiatan
Akhir (10 menit)
1.
Guru mengadakan
review dan mengadakan tanya jawab.
2.
Guru dan siswa
menyimpulkan pelajaran.
3.
Guru menutup
pelajaran.
|
G. Skenario Pembelajaran
|
b.
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru mengucapkan
salam
2.
Guru mengajak berdoa
bersama.
3.
Guru mengabsen
kehadiran siswa.
4.
Guru mengkondisikan
siswa dan kelas.
5.
Guru memberikan
apersepsi
c.
Kegiatan
Inti (50 menit)
15’
1.
Guru menjelaskan
materi tentang tata tertib di
sekolah maupun di rumah sambilbertanya jawab.
2.
Guru menyajikan
materi yang ingin disampaikan.
20’
3. Guru menulis beberapa soal di papan tulis mengenai
penjumlahan dan pengurangan untuk kemudian di jawab satu persatu oleh murid
secara bergiliran sampai semua murid mendapat giliran maju ke depan dan
menulis jawabannya di papan tulis.
15’
4.
Guru memberikan
evaluasi (tugas individu) kepada siswa.
5.
Kegiatan
Akhir (10 menit)
1.
Guru mengadakan
review dan mengadakan tanya jawab.
2.
Guru dan siswa
menyimpulkan pelajaran.
3.
Guru menutup
pelajaran.
|
·
Ilmu
Pengetahuan Sosial Untuk SD dan MI Kelas II oleh Puji. Jakarta: Pusat
Perbukuan, Dapertemen Pendidikan Nasional 2008.
|
H.
Sumber, Alat, dan
Media Pembelajaran
|
·
PKN Untuk SD dan MI Kelas II oleh Slamet.
Jakarta: Pusat Perbukuan, Dapertemen Pendidikan Nasional 2008.
|
·
Teknik penilaian: tes
tertulis.
·
Bentuk Instrument
penilaian: Pilihan Ganda.
|
I. Penilaian
|
·
Teknik penilaian: tes
tertulis.
·
Bentuk Instrument
penilaian: Pilihan Ganda.
|
Dosen
Pembimbing
|
Mengetahui,
|
Pelaihari, 9 November 2013
Kepala Sekolah
|
Drs.H.Mahlan Asmar M.Pd
NIP:
19550626 198003 1005
|
|
H.Moh.Yusuf S.Pd
NIP
:19520415 199202 1 002
|
Praktikan Pengamat
Edwin Setiawan
NIM : A1E311005
|
0 komentar:
Posting Komentar